Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Cara Shalat Witir dan Beberapa Keistimewaannya

Cara Shalat Witir dan Beberapa Keistimewaannya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. San3kalong.com- Pada artikel yang lalu admin bagikan tentang Shalat Tasbih dan Dahsyatnya Keutamaan Shalat Tasbih, rasanya kurang pas apabila tanpa mengikut sertakan tentang Shalat Witir. Karena Shlat Witir itu sangatlah tepat bila dilaksanakan setelah Shalat Tasbih selain pada waktu tengah malam juga pada tanggal 16 waktu bulan Romadlon setelah Shalat Tarawih.

Ilustrasi Shalat San3kalong.com

Pengertian Shalat Witir

Sholat witir adalah ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan usai mengerjakan sholat-sholat sunnah lainnya pada malam hari. Jadi, sholat witir menjadi penutup dari ibadah qiyamul lail, seperti sholat tahajud, sholat hajat dan lainnya, serta sholat tarawih pada malam bulan Ramadhan. 

Berbeda dengan sholat sunnah lainnya, Rasulullah SAW mengajarkan sholat witir dilakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil, yakni boleh satu rakaat saja, tiga rakaat, lima rakaat, hingga maksimal 11 rakaat. Anjuran untuk melaksanakan sholat witir bisa ditemukan di sejumlah hadis.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk melakukan hal-hal yang terpuji, di mana contoh mudahnya adalah dengan mengerjakan sholat witir sebagai penutup shalat sunah. Tingkatan keistimewaan sholat Witir membuat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepada sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya. Shalat ini pula yang menjadi penutup seluruh shalat malam.

Dasar Shalat Witir

Didalam Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Huraira dijelaskan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ:  لِلَّهِ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ اسْمًا، مَنْ حَفِظَهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَإِنَّ اللهَ وِتْرٌ، يُحِبُّ الْوِتْرَ

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda: “Allah memiliki 99 nama, siapa yang menjaganya akan masuk surga. Allah itu ganjil (esa), dan menyukai bilangan yang ganjil.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Waktu Pelaksanaan Sholat Witir

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang doa sholat witir, sebelumnya penting untuk anda ketahui terlebih dahulu tentang niat sholat witir tersebut. Waktu untuk melaksanakan shalat witir terbentang sejak setelah shalat Isya’ hingga menjelang Subuh. Sehingga, melaksanakan shalat witir selain di waktu yang telah disebutkan, merupakan mubah hukumnya. Menurut hadist riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengerjakan shalat witir pada pada akhir malam.

Niat Shalat Witir 1 Rakaat Salam

Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat shalat yang bisa Anda hafalkan.
أصلى سنة من الوتر ركعة لله تعالى
“Ushallii sunnatal witri rok 'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.”

Artinya : "Saya niat shalat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa".

Niat Sholat Witir 3 Rakaat Dengan 1 Kali Salam

Sementara bagi anda yang ingin mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, Berikut ini bacaan niat sholat witir dengan 3 rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam. 

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.”

Artinya : "Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

Tata Cara Shalat Witir

Selanjutnya adalah penting untuk mengetahui tentang tata cara sholat witir sebelum kamu ketahui tentang doa sholat witir. Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Tata cara shalat witir 3 rakaat sendiri sebenarnya sama seperti tata cara sholat fardhu yang biasa kita lakukan, yang membedakan hanyalah pada niat dan jumlah rakaatnya.

Tata cara shalat witir yang pertama adalah membaca niat yang dapat dilakukan baik dalam hati maupun secara lisan. Tidak ada peraturan yang memaksa mengenai membaca niat shalat witir. Setelah membaca niat, lakukan takbiratul ihram.

  1. Membaca Al-Fatihah
  2. Membaca Surat Pendek
  3. Ruku’
  4. I'tidal
  5. Sujud
  6. Tahiyatul Akhir
  7. Salam

Khusus sholat witir, di rakaat ketiga membaca tiga surat qulhu, yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas.
Setelah selesai sholat witir, dianjurkan untuk membaca doa. Doa adalah bentuk penyerahan diri seorang hamba di hadapan Allah SWT. Selain itu, doa dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.
Setelah shalat witir disunnahkan membaca dzikir berikut sebanyak tiga kali :
سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ
“Subhaanal malikil quddus”

Artinya:"Maha Suci Allah Yang Maha Merajai dan Yang Maha Bersih." Kemudian, dilanjutkan dengan kalimat رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ (robbul-malaa-‘ikati warruuh) yang memiliki makna "Yang Menguasai para Malaikat dan Ruh/Jibril."

Manfaat Dan Keutamaan Shalat witir

Selain mengetahui tentang niat, tata cara, dan doa sholat witir, kamu perlu untuk mengetahui keutamaan apa saja yang didapatkan jika melaksanakan sholat sunah tersebut. Sholat witir merupakan sholat sunah yang dianjurkan dan tentunya memiliki keutamaan jika dilaksanakan. Selain memiliki banyak keutamaan, sholat witir merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

1. Amal Yaumiyah Rasulullah

Sholat witir merupakan salah satu amal yaumiyah ( amalan harian ) yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau biasa mengerjakan sholat sunnah ini sebagaimana hadis dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu :

“Witir bukan keharusan seperti sholat wajib kalian, akan tetapi ia adalah sunah yang biasa dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam” (HR. An Nasa’i dan Tirmidzi; shahih lighairihi)

2. Allah Mencintai Witir

Allah Azza wa Jalla mencintai yang witir. Karenanya, sholat dengan rakaat witir ini pun dicintai-Nya. Orang yang mengamalkan sholat sunnah ini juga akan dicintai-Nya. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :

“Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai yang witir/ganjil." (HR. Muslim)

3. Amalan ahli Al Quran

Para ahli Qur’an di kalangan sahabat adalah mereka yang hafal Al Quran dan sangat komitmen untuk mengamalkan serta mendakwahkannya. Mereka merupakan sahabat-sahabat yang utama. Salah satu amalan yang diperintahkan Rasulullah kepada mereka adalah sholat witir, agar semakin dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Sesungghnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al Qur’an”(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

“Wahai ahli Al Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungghnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir.” (HR. An Nasa’i dan Ibnu Majah; shahih) 

4. Sangat ditekankan Rasulullah

Sholat witir sangat ditekankan oleh Rasulullah untuk dilakukan para sahabat beliau. Sehingga ketika menganjutkan sholat ini, beliau mengulangi penyebutannya.

“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla menambahkan satu sholat kepada kalian, maka lakukanlah sholat tersebut di antara sholat Isya dan sholat Subuh, yaitu sholat witir, sholat witir”. (HR. Ahmad; shahih) 

5. Diwasiatkan dikerjakan setiap hari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata :

“Kekasihku (Muhammad) shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat, dan shalat witir sebelum tidur”. (HR. Bukhari dan Muslim)


Demikian yang dapat admin bagikan semoga kita tetap istiqomah dalam melaksanakan amalan wajib juga amalan-amalan sunah seperti Shalat Witir juga shalat-shalat sunah lainnya.

Terimakasih, Tetap kunjungi Blog San3kalong.com yang selalu update tentang informasi-informasi Religi juga informasi penting dan terupdate lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Posting Komentar untuk "Cara Shalat Witir dan Beberapa Keistimewaannya"