Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Dahsyatnya Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Shalat Tasbih

Dahsyatnya Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Shalat Tasbih

Assalamu'alaikum Wr. Wb. San3kalong.com- Shalat Tasbih adalah sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jika kita sebagai umat muslim mengetahui manfaat atau keutamaan dari Shalat Tasbih ini maka pasti kita tidak akan meninggalkannya. Di dalam shalat Tasbih ada perbedaan dibandingkan dengan shalat-shalat sunah lainnya.

Ilustrasi Shalat Tasbih

Sebab saat kita melaksanakan Shalat Tasbih kita akan membaca tasbih sebanyak 300 kali. Kita akan memuji keagungan Allah SWT. Sebagaimana Firman Allah dalam beberapa surat yang terdapat didalam Al Qur'an. Didalam Surat Thoha dijelaskan : 

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا ۚوَمِنْ اٰنَاۤئِ الَّيْلِ فَسَبِّحْ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضٰى

Artinya : " Maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbih-lah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang." ( Thoha 20:130 )

Didalam surat yang lain seperti surat At Thur ayat 48

وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَاِنَّكَ بِاَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِيْنَ تَقُوْمُۙ

Artinya : " Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, karena kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu akan berdiri." ( at-Thur 52:48 )

Juga ada didalam surat Al- Mu'min ayat 55

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ ۙ

Artinya : " Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi." (al-Mu’min/40: 55)

Dari sekian keterangan tentang Shalat Tasbih yang terdapat didalam Al Qur'an seakan-akan sebuah perintah bagi seorang hambanya untuk memperbanyak bacaan Tasbih. Baik di waktu pagi, siang ataupun malam kita dianjurkan untuk tetap bertasbih kepada-Nya.

Didalam Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud juga dijelaskan,  

" Jika engkau mampu melakukan (sholat) itu setiap hari sekali, maka lakukanlah ! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) setiap bulan sekali! Jika tidak, maka (lakukan) setiap tahun sekali ! Jika engkau tidak melakukannya, maka (lakukan) sekali seumur hidupmu." ( HR. Abu Dawud 1297 )

Dari berbagai keterangan diatas baik dalam Al Qur'an maupun Hadits itu menunjukkan bahwa sangatlah penting melaksanakan Shalat Tasbih dan tentunya banyak terkandung manfaat dan keutamaan didalamnya.

Disini admin akan mencoba menguraikan beberapa Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Shalat Tasbih.  

Baca Juga : 

1. Memberatkan Timbangan Amal Baik di Akhirat

Manfaat sholat tasbih yang pertama adalah memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Ibadah yang kita amalkan selama ini sudah pasti akan dihisab di akhirat kelak. Jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik kamu akan diberatkan.

Rasulullah bersabda, "Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Memiliki Tabungan Berupa Kebun Kurma di Surga

Seperti halnya memiliki perkebunan di dunia di mana pemiliknya tinggal memetik hasil keuntungannya, maka demikian juga jika rajin menjalankan sholat tasbih. Kamu akan ditanamkan sebatang pohon kurma setiap kali membaca tasbih.

"Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga." (HR. at-Tirmidzi)

3. Tasbih Adalah Kalimat Terbaik di Sisi Allah SWT

Satu kali, Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang ucapan yang paling baik. Beliau menjawab,

"Yang diperintah Allah SWT kepada para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan Subhanallahi wa bihamdihi." (HR. Muslim)

4. Senjata Menghadapi Krisis Pangan di Akhir Zaman

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih selanjutnya adalah sebagai senjata menghadapi krisis pangan di akhir zaman. Saat di zaman akhir kelak, kalimat tasbih bagaikan makanan yang bergizi dan menyehatkan bagi umat muslim.

5. Menghapus Dosa Yang Banyak

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih menurut hadits lainnya adalah menghapus dosa yang jumlahnya diumpamakan seperti buih di lautan.

"Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah hapuskan kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan." (HR. Bukhari dan Muslim)

"Makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barangsiapa yang ucapannya pada saat itu adalah tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan." (HR. al-Hakim)

Sementara hadits lainnya menjelaskan seperti berikut ini:

"Akan tetapi mereka membaca tasbih dan mensucikan Allah, dan itulah makanan dan minuman kaum beriman saat itu, tasbih dan taqdis." (HR. Abdul Razzaq, ath-Thayalisi, Ahmad, Ibnu Asakir).

6. Senjata Menghadapi Persoalan Besar

"Diriwayatkan dari Abu Hurayrah, bahwa jika Rasulullah menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit sambil mengucapkan Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan Ya hayyu ya qoyyum." (HR. at-Tirmidzi)

7. Mengikuti Ajaran Rasulullah SAW

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud itu, Rasulullah menjamin bahwa jika umat muslim menjalankan sholat tasbih, maka Allah mengampuni dosa-dosa.

Baik dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, serta sepuluh macam (dosa) lainnya.

8. Terhindar Dari Kesedihan dan Penyakit-Penyakit Berat

"Suatu hari Qabishah al-Makhariq mendatangi Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarkan aku beberapa kalimat (ucapan) yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku, karena sungguh umurku sudah tua dan aku merasa lemah untuk melakukan apapun’.

Lalu Rasulullah berkata, ‘Jika engkau membacanya, maka akan engkau terhindar dari kesedihan, kusta, penyakit biasa, belang, lumpuh akibat pendarahan otak (stroke)." (HR. Ibnu as-Sunni dan Ahmad)

Subhanallah, Begitu hebatnya juga Dahsyatnya Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Shalat Tasbih. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, Sudahkah kita melaksanakan Shalat Tasbih ? Berapa kalikah dalam seumur hidup ini ? atau Berapa kalikah dalam setahun ini ? Seterusnya Sebagaimana perintah Nabi yang sudah tuliskan diatas.

Mari kita bersegera untuk melaksanakan Shalat Tasbih tersebuit jika memang benar-benar kita belum pernah melaksankannya, namun jika kita sudah melaksanakannya atau bahkan sering melakukannya maka janji Allah SWT akan kita dapatkan. Sebagaimana Firman Allah dalam Surah Al Ghofir ayat 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ

Artinya :“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu". ( Al- Ghofir : 60 )

Demikian yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat dan semoga kita diberikan kekuatan untuk dapat Istiqomah dalam melaksanakan Shalat Tasbih yang begitu banyak bagi kehidupan di dunia kita maupun di Akhirat nanti. 

Terimakasih, Tetap kunjungi dan ikuti Blog San3kalong yang selalu update berbagi informasi Religi dan informasi penting lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb


Posting Komentar untuk "Dahsyatnya Keutamaan dan Manfaat Melaksanakan Shalat Tasbih"