Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Do'a-Do'a Didalam Berwudlu Yang Sangat Dianjurkan

Do'a-Do'a Didalam Berwudlu Yang Sangat Dianjurkan

Assalamu'alaikum Wr. Wb. San3kalong.com- Sebagai seorang muslim tentunya setiap hari kita memanjatkan do'a kepada Illahi Robbi. Baik sesudah shalat ataupun dalam kegiatan sehari-hari. Dalam agama sudah diatur semuanya setiap kegiatan baik yang sifatnya amal dunia maupun amalan akhirat ada do'anya. tergantung kita sendiri sebagai seorang umat mampukah kita melaksanakan secara rutin istiqomah atau tidak. Amalan Dunia bisa mendapatkan fahala apabila kita memulainya dengan niat ibadah. Apalagi amalan yang jenisnya akhirat.
Ilustrasi Wudlu ( Istockphoto.com )

Do'a-Do'a Didalam Berwudlu Yang Sangat Dianjurkan

Disini admin akan berbagi Tentang Do'a di dalam berwudlu. Wudlu atau bersuci adalah suatu kewajiban bagi setiap Muslim sebelum melakukan shalat, membaca Al Qur'an dan ibadah-ibadah yang lain. Dalam hal ini, wudhu adalah sebuah rangkaian kegiatan membasuh beberapa anggota tubuh dengan tujuan untuk menyucikan diri dari najis atau kotoran. Tanpa wudhu, setiap ibadah salat yang dilakukan tidak sah.

Seperti diketahui, terdapat beberapa tahapan atau tata cara yang harus dilakukan setiap menyucikan diri dengan wudhu. Mulai dari membasuh telapak tangan, membersihkan mulut dengan berkumur, membasuh wajah, tangan, rambut, telinga, hingga kaki. Namun sebelum melakukan semua tahapan tersebut, wudhu perlu diawali dengan membaca niat dengan baik.

Baca Juga : Tatacara Tayamum Dan Niatnya Menurut Para Ulama

Meskipun terlihat sederhana, niat merupakan bagian penting yang perlu dilakukan ketika berwudhu.  Karena Niat adalah salah satu dari rukun wudlu, apabila suatu ibadah meninggalkan salah satu rukun maka ibadah tersebut tidak sah. Niat yang diucapkan saat didalam berwudhu berbarengan dengan mengusap wajah. 

Dengan begitu, penting bagi Anda khususnya umat muslim untuk mengetahui bagaimana bacaan niat wudhu dengan baik dan benar. Selain itu, ada beberapa doa lain yang bisa disertakan dalam setiap gerakan wudhu. Jika dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu ini bisa menjadi amalan tersendiri yang mampu menambah timbangan pahala.

Didalam kitab Mabadi Fiqih Juz 1 karangan Syeikh Umar abdul Ja'far Do'a didalam berwudlu sudah dituliskan secara lengkap mulai dari gerakan yang paling awal sampai gerakan akhir dan do'a setelah berwudlu.

Baca Juga :

Niat Wudlu

Sebelum kita menuliskan tentang Niat berwudlu juga do'a-do'a dalam berwudlu baiknya kita mengetahui tentang rukun wudhu sendiri. Rukun Wudlu ada enam, yaitu niat, membasuh wajah, membasuh tangan, mengusap sebagian kepala, membasuh kaki, dan tertib atau berurutan. Dalam melaksanakan rukun wudhu tersebut juga dianjurkan untuk membaca doa sehingga wudhu yang dilakukan semakin bertambah kualitasnya. 

Bacaan Niat dalam berwudlu :


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا للَِّهِ تَعَالَى
" Nawaitul Wudhu’A Lirof’Il Hadatsil Ashghori Fardhol Lillaahi Ta’Aala"

Artinya : “Saya niat wudhu untuk mengangkat hadats kecil fardhu karena Allah Ta’aala”.

Berikut doa yang dianjurkan saat berwudhu sebagaimana dijelaskan dalam kitab Mabadi fiqih karangan Syekh Umar Abdul Ja'far.

1. Saat membasuh wajah dianjurkan membaca doa berikut :

اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوهٌ
Artinya: “Ya Allah, putihkanlah wajahku di hari ketika wajah-wajah memutih dan menghitam.” 

2. Saat membasuh tangan kanan dianjurkan membaca doa ini :

 اللَّهُمَّ أَعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِيَمِينِيْ وَحَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيرًا 
Artinya: “Ya Allah, berikanlah kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kananku, dan hisablah aku dengan hisab yang ringan.”
 
3. Sedangkan saat membasuh tangan kiri berdoa :

 اللَّهُمَّ لَا تُعْطِنِيْ كِتَابِيْ بِشِمَالِيْ وَلَا مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِيْ 
Artinya: “Ya Allah, jangan Kau berikan kitab amalku (kelak di akhirat) pada tangan kiriku, dan jangan pula diberikan dari balik punggungku.” 

4. Saat mengusap sebagian kepala dianjurkan membaca doa berikut :

اللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَأَظِلَّنِيْ تَحْتَ عَرْشِكَ يَوْمَ لَا ظِلَّ إلَّا ظِلُّك
Artinya: “Ya Allah, halangi rambut dan kulitku dari sentuhan api neraka, dan naungi aku dengan naungan singgasana-Mu, pada hari ketika tak ada naungan selain naungan dari-Mu.” 

5. Saat mengusap telinga dianjurkan membaca doa berikut :

 اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ 
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mampu mendengar ucapan dan mampu mengikuti apa yang baik dari ucapan tersebut.”
 
6. Saat membasuh kaki kanan berdoa :

 اللهم اجْعَلْهُ سَعْيًا مَشْكُوْرًا وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا. اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَدَمِيْ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ الْأَقْدَامُ 
Artinya: “Ya Allah, jadikanlah (segenap langkahku) sebagai usaha yang disyukuri, sebagai penyebab terampuninya dosa dan sebagai amal yang diterima. Ya Allah, mantapkanlah telapak kakiku saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki yang tergelincir.” 

7. Sedangkan saat membasuh kaki kiri dianjurkan membaca doa berikut :  
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ تَنْزِلَ قَدَمِيْ عَنِ الصِّرَاطِ يَوْمَ تَنْزِلُ فِيْهِ أَقْدَامُ الْمُنَافِقِيْنَ 
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu, dari tergelincir saat melintasi jembatan shirathal mustaqim, kelak di hari ketika banyak telapak kaki orang munafik yang tergelincir.” 

Do'a Setelah Berwudlu sebagai Berikut :


اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ 

Artinya : "Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)".

Baca Juga :
Demikian Niat, Do'a didalam berwudlu yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat dan kita bisa mengamalkan sesuai tempatnya masing-masing. Terimakasih, tetap kunjungi dan ikuti blog San3kalong.com yang selalu update informasi Religi dan informasi-informasi penting lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb




Posting Komentar untuk "Do'a-Do'a Didalam Berwudlu Yang Sangat Dianjurkan"