Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

7 Keutamaan Membaca Sholawat Fatih

Barang siapa yang mencintai sesuatu pastilah akan banyak menyebutkannya, seperti tertuang dalam sebuah kalimat مَنْ أَحَبَّ شَيْأً أَكْثَرُ ذِكْرِهِ Jika kita mengakui sebagai seorang Muslim maka pastilah kita mencintai junjungan kita. Yaitu Nabi yang membawakan Agama Islam kepada kita. Lalu apa bukti cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW.  Cukupkah hanya sekedar mengikuti beberapa kesunahan beliau, ternyata tidak. Cinta seorang Muslim kepada Nabinya bisa dibuktikan, sebagaimana yang tertulis diawal artikel ini, yaitu memperbanyak dan menyebutkan asma-asma beliau. Dengan apa kita bisa memperbanyak asma beliau, Sholawat ya sholawat.

Sholawat mempunyai fadhilah atau keutamaan yang sangat besar dan banyak sekali. Sholawat mengandung bacaan do'a yang mengharapakan Rasulullah SAW dan keluarganya selalu mendapatkan limpahan rahmat dan taufiq dari Allah SWT. Allah sendiri jelas-jelas memerintahkan kepada umat-Nya untuk senantiasa membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Seperti didalam surat Al-Ahzab 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya : " Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman ! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya". ( Al-Ahzab : 56 )

Untuk bacaan sholawat itu sendiri banyak sekali macamnya. Salah satu bacaan Sholawat yang cukup pendek dan mudah dihafalkan adalah Sholawat Fatih. Sholawat Fatih disbut juga dengan sholawat penbuka pintu 'arsy. Sholawat Fatih ini disusun oleh seorang ulama bernama Al-‘Arif al-Kabir Sayyid Muhammad Al-Bakri RA. Menurutnya, sholawat ini dapat membantu menghapus dosa dan mempermudah seseorang untuk mendapatkan surga.

Lafad Sholawat Fatih


اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ


Artinya : "Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW. Pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung".

7 Keutamaan Membaca Sholawat Fatih

1. Menjauhkan dari Perasaan Resah

Keutamaan Sholawat Fatih yang paling awal adalah membantu menghilangkan perasaan resah dalam dada. Di saat hati sedang galau atau gelisah, banyak para Ulama menyarankan untuk membaca Sholawat Fatih ini agar hati kembali tenang. 

2. Terbebas dari Siksa Api Nereka

Fadhilah Sholawat Fatih selanjutnya adalah membebaskan diri dari pedihnya siksa api neraka. Setiap manusia pasti kan merasakan siksaan api neraka, karena kesalahan yang diperbuat di dunia. Menurut beberapa ulama, membaca Sholawat Fatih minimal sekali seumur hidupnya, maka orang tersebut akan dibebaskan dari api neraka. 

3. Pahala Setara 10.000 Kali Sholawat Lainnya

Subhanalloh, 10.000 adalah bilangan yang tidak sedikit jika kita membaca sebuah sholawat. Beberapa ulama juga berpendapat bahwa membaca Sholawat Fatih bisa mendatangkan pahala yang cukup besar. Menurut pendapat para Ulama' tersebut, pahala membaca satu kali Sholawat Fatih sama dengan pahala membaca 10 ribu kali sholawat lainnya. Bahkan, ada juga yang berpendapat bahwa pahalanya mencapai enam ratus ribu kali lipat. 

4. Mendatangkan Hidayah

Hidayah adalah petunjuk dari Allah, dan hanya Allah lah yang bisa memberikan hidayah إن الهدى هدى الله Hidayah tidak akan turun dengan sendirinya kecuali Allah yang memberikannya. Dengan membaca Sholawat Fatih ini maka hidayah dari Allah akan segera kita dapatkan. Menurut beberapa ulama, seseorang yang membaca Sholawat Fatih selama 40 hari dengan istiqomah dan berturut-turut, maka hatinya akan tergerak untuk melakukan tobat dari segala kemaksiatan yang pernah ia perbuat selama di dunia. 

5. Bertemu Rasulullah di Akhirat 

Jika kita mencitai seseorang pastilah kita merindukan dan menginginkan untuk bertemu dengan orang  yang kita cintai. Cinta kepada rasululloh tentunya juga merindukan untuk bertemu dan berkumpul dengan beliau Rasulullah SAW. Menurut pendapat ulama, membaca Sholawat Fatih sebanyak 1000 kali pada hari Kamis malam Jumat atau Senin akan dimudahkan baginya untuk bisa bertemu dan berkumpul bersama Nabi Muhammad SAW.  

6. Hidup Bahagia di Dunia dan Akhirat 

Bohong belaka jika manusia tidak menginginkan kebahagian dunia dan akhirat. Sudah pasti manusia mengharapkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sholawat Fatih juga dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Kehidupan di dunia dilancarkan semua urusannya, dimudahkan jalan rizkinya. Lalu juga akan dimudahkan saat ajal menjemput dan mendapatkan kebahagiaan di akhirat.

7. Menghapus Dosa Selama 400 tahun

Usia Nabi Muhammad SAW 63 tahun beliau wafat, berapakah umur kita sekarang, sudah lebihkah dari umur Nabi atau tinggal beberapa tahun lagi. Salah satu keutamaan Sholawat Fatih dibaca sebanyak 100 kali pada malam Jumat dipercaya dapat menghapus dosa-dosa selama 400 tahun. Keutamaan ini tentu sangat diidamkan bagi setiap umat Muslim yang ingin mendapatkannya. Mengingat Usia Nabi disaat wafat sampai 63 tahun.

Baca Juga : 

Demikian 7 Keutamaan Membaca Sholawat Fatih yang patut kita amalkan sebagai bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Dan juga sebagai bukti kalau kita memang benar adalah umatnya beliau. Semoga kita bisa istiqomah dalam membaca dan mengamalkan Sholawat Fatih ini, mengingat sangat besar dan banyak sekali fadhilah dan keutamaannya. dan tentunya masih banyak lagi keutamaan -keutamaan dalam membaca Sholawat Fatih yang tidak admin tuliskan disini.  Wallohu A'lam.

Terimakasih..... Wassalam.... ( San3kalongbm )

Posting Komentar untuk "7 Keutamaan Membaca Sholawat Fatih"