-->
San3kalong Blog RELIGI Kisah&Tokoh, Kitab dan Terjemah, Tutorial Dan Informasi Terupdate

Peristiwa-Peristiwa Penting Di Bulan Muharam

Peristiwa-Peristiwa Penting Di Bulan Muharam - Bulan Muharam sebentar lagi akan kita tempuh. Bulan Muharam adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Didalam Penanggalan Hijriyah atau bulan Islam bulan Muharam termasuk empat bulan yang dimuliakan. Bulan-bulan tersebut anatara lain Bulan Dulhijjah, Dzulqoidah, Muharam dan bulan Rajab. Pada saat memasuki bulan Muharam ini sangat dilarang melakukan perang dan berbagai macam kedzoliman.

Muharam Mubarok, Pixcabay
Didalam Al-Qur'an Surah At-Taubat ayat 36 telah tertulis terkait keempat bulan bulan yang dimuliakan.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya : "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa". ( QS. At-Taubah.36 )

Keutamaan bulan Muharam itu juga di pertegas oleh Rasululloh SAW dalam Haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Bakrah dalam hadits Bukhori :

Artinya : "Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan yang mulia. Tiga darinya berturut-turut, yaitu Dzul Qaidah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab yang biasa diagungkan Bani Mudlar yaitu antara Jumadil tsani (Jumadi Akhir) dan Sya'ban". (HR Bukhari)

Sementara itu, sebaik-sebaik waktu untuk berpuasa di luar bulan Ramadan adalah di bulan Muharam. Hal ini ditegaskan Nabi Muhammad melalui hadits yang diceritakan dari Abu Hurairah : “Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim) 

Para ulama bahkan menyataan bulan yang mulia selain Ramadan adalah Muharam. Ulama Hasan Al Bashri dalam kitab Lathaiful Ma'arif mengatakan, dulunya Muharam disebut Syahrullah Al Asham (bulan yang sunyi) karena begitu mulianya bulan ini. Sebab, saat Muharam tidak boleh ada peperanga dan konflik sama sekali.

Bulan Muharam berasal kata dari Haram yang mempunyai arti suci atau terlarang. Diberi nama Muharam karena karena sejak jaman dahlu kala pada bulan ini dilarang atau diharamkan untuk berperang atau juga membunuh. 

Baca Juga : 

Peristiwa Penting Di Bulan Muharam

Beberapa peristiwa yang penting yang pernah terjadi pada bulan Muharam mulai dari Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad SAW. Peristiwa penting yang terjadi sebelum Nabi Muhammad SAWtersebut antara lain adalah : 
  1. Nabi Adam ‘alaihis salam bertaubat kepada Allah dari dan Allah menerima taubatnya.
  2. Kapal Nabi Nuh ‘alaihis salam berlabuh di bukit Zuhdi setelah banjir dahsyat yang menenggelamkan mayoritas penduduk bumi saat itu.
  3. Selamatnya Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dari siksaan api Raja Namrud.
  4. Nabi Yusuf ‘alaihis salam bebas dari penjara Mesir.
  5. Keluarnya Nabi Yunus ‘alaihis salam dari perut ikan dengan selamat.
  6. Allah menyembuhkan Nabi Ayyub ‘alaihis salam dari penyakitnya.
  7. Allah menyelamatkan Nabi Musa ‘alaihis salam dan menenggelamkan Fir’aun.
Selain peristiwa penting yang tersebut diatas banyak juga peristiwa penting yang terjadi saat agama Islam dibawa oleh Rasululloh SAW. Peristiwa tersebut antara lain :
  1. Pada tanggal 1 Muharram 1 H, Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah setelah pada Dzulhijjah terjadi Baiat Aqabah II.
  2. Pada Muharram 7 H, terjadi perang Khaibar. Kaum muslimin menang dengan gemilang.
  3. Pada 1 Muharram 24 H, Umar bin Khattab dimakamkan setelah syahid dibunuh oleh Abu Lu’lu’ah seorang Majusi.
  4. Pada 10 Muharram 61 H, terjadi musibah besar. Terbunuhnya Cucu Nabi Muhammad SAW Hasan dan Husain, beserta keluarganya di Karbala. Yang sampai sekarang setiap tanggal 10 Muharam selalu diperingati di negara Iran.
Demikian Peristiwa-Peristiwa Penting Yang Terjadi Pada Bulan Muharam, Semoga kita bisa mempersiapkan diri kita untuk menyambut bulan yang penuh berkah, bulan yang dimuliakan oleh Allah ini yakni bulan Muharam. 

Terimakasih, Selamat tahun baru Hijriyah 1443 H, semoga dengan pergantian tahub baru Islam ini kita diberi kesehatan dan terbebas dari wabah yang menimpa negeri kita. bermanfaat, Wassalam.....( San3kalongbm )


 


Artikel Terkait

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>