Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah

Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah 

Assalamu'alaikum Wr. Wb, San3kalong.com- Dalam Pesantren ilmu alat sudah pasti dipelajari dari yang paling awal sampai paling tinggi. Dari kitab Jurumiyah, Sabrowi sampai Alfiah. Kali ini admin akan mengulas tentang isi kitab yang ada pada Jurumiyah mulai dari bab Kalam terlebih dahulu, karena bab Kalam adalah bab yang paling awal dalam pembahasan kitab Jurumiyah.

Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah

الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع

Kalam artinya sebuah lafad yang tersusun dan memberikan faedah yang disengaja atau dengan bahasa Arab. Maksud dari Lafad disini yaitu suara yang memuat dari sebagian huruf hijaiyah yang 28. seperti زَيْدٌ lafad tersebut terdiri dari huruf  ز , ي dan د . Apabila tidak terdapat salah satu huruf hijaiyah maka tidak disebut dengan Lafad. Suara yang lain seperti suara burung, suara beduk isyarat tidak termasuk dalam definisi Lafad. 

Baca Juga :

 المركب Almurokab maksudnya tersusun atau susunan dari dua kata atau lebih. Jadi almurokab bisa didefinisikan sebagai Susunan dari kata-kata bahasa Arab yang terdiri dari minimal dua kata atau lebih.

المفيد Al Mufid artinya Kalimat yang mengandung arti atau berfaedah bagi lawan bicara. Jadi lawan bicara bisa memahami kata yang diucapkan maka dikatan mufid atau berfaedah. 

بالوضع Bilwad'ngi atau bilwadog ini mempunyai dua arti menurut para ilmu Nahwu.  Ada yang mengartikan dengan disengaja, maksudnya saat mengucapkan kalimat tersbut harus disengaja bukan karena mabuk, Mengigau saat tidur. Ada yang mengartikan dengan bahasa Arab, Jadi saat mengucapkan harus dengan ejaan bahasa Arab bukan bahasa yang lain.

Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah

Pembagian Kalam

Kalam menurut kitab Jurumiyah terbagi menjadi tiga bagian :
  • Isim        شَجَرَةٌ, زَيْدٌ
  • Fi'il         يَضْربُ
  • Huruf     أَنْ, منْ

1. Pengertian Isim

Dalam kitab Nahwu Wadih Juz I adalah Setiap kalimat yang mengandung arti nama orang, nama tumbuh-tumbuhan, nama hewan benda keras atau nama-nama yang lainnya. Menurut kitab Jurumiyah dapat diketahui dengan tanda tanwin, bisa dibaca jer, bisa didahului huruf jer, bisa didahului al. 

Yang termasuk dalam huruf jer yaitu مِنْ , اِلَى , عَنْ , عَلَى , فِى , ك ,ب, ل, حروف قسم , و , ب , ت

2. Pengertian Kalimat Fi'il

Kalimat yang mnunjukkan arti pekerjaan yang bergantung dengan waktu. Fi'il dapat diketahui dengan tanda bisa didahului qod, Sin, Saufa dan Tak taknis sakinah. 

قَدْ يَضْرِبُ, قَدْ ضَرَبَ, سَيَقُلُ, سَوْفَ يَقُلُ, ضَرَبَتْ

Untuk قَدْ bisa masuk pada kalimat fi'il madhi dan fi'il Mudhore'. سَوْفَ dan س Dapat khusus dipakai pada fi'il mudhore', Sedangkan ( تْ ) tak taknis sakinah khusus pada fi'il madhi yang mempunyai fungsi menunjukkan arti perempuan.

3. Pengertian Huruf

Kalimat huruf dalam kitab Nahwu wadih dijelaskan bahwa kalimat yang tidak bisa berdiri sendiri jika tidak dirangkai dengan kalimat lain. Sedangkan dalam kitab Jurumiyah huruf disini adalah kalimat yang tidak pantas masuk dalam ciri-ciri kalimat isim dan kalimat fi'il. Contohnya huruf khofad ( jer ) مِنْ , اِلَى , عَنْ , عَلَى , فِى , ك ,ب, ل huruf Nasob أَنْ, لَنْ, اِذَنْ, كَى dan huruf -huruf lainnya.

Demikian Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat untuk pembelajaran anak didik kita dalam bahasa Arab juga dalam mempelajari Ilmu Nahwu khususnya Kitab Jurumiyah. Tetap kunjungi Blog San3kalong.com yang selalu update tentang RELIGI dan ilmu-ilmu yang lainnya. 

Terimakasih Wassalamu'alaikum Wr. Wb 

2 komentar untuk "Pengertian Kalam Dalam Jurumiyah"