-->
San3kalong Blog RELIGI Kisah&Tokoh, Kitab dan Terjemah, Tutorial Dan Informasi Terupdate

8 Hal Untuk Mendapatkan 8 Hal, Tanbihul Ghoofilin 521

8 Hal Untuk Mendapatkan 8 Hal, Tanbihul Ghofilin 521

San3kalongbm.com - Banyak hal-hal yang kita sendiri terkadang melewatkan beberapa keutamaan, baik secara sengaja ataupun tidak. 8 hal yang keutamaan bisa digantikan dengan 8 hal yang lain. Seperti contoh kita berkeinginan mendapatkan beberapa keutamaan namun kita tidak bisa menlaksanakanya. Nah, untuk kali ini admin akan memberikan solusinya yaitu kutipan dari sebuah Kitab Tanbihul Ghofilin hal. 521. 
Tanbihul Ghofilin
Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh sebagian para Sahabat :

وَرُوِيَ عَنْ بَعْضِ الصَّحَابَةِ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمْ، أَنَّهُ قَالَ: مَنْ عَجَزَ عَنْ ثَمَانِيَةٍ، فَعَلَيْهِ بِثَمَانِيَةٍ أُخْرَى، لِيَنَالَ فَضْلَهَا: أَوَّلُهَا: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ صَلَاةِ اللَّيْلِ، وَهُوَ نَائِمٌ فَلَا يَعْصِ بِالنَّهَارِ.
وَالثَّانِي: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ صِيَامِ التَّطَوُّعِ، وَهُوَ مُفْطِرٌ، فَلْيَحْفَظْ لِسَانَهُ.
وَالثَّالِثُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الْعُلَمَاءِ، فَعَلَيْهِ التَّفَكُّرُ.
وَالرَّابِعُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الْمُجَاهِدِينَ، وَالْغُزَاةِ وَهُوَ قَاعِدٌ فِي بَيْتِهِ، فَلْيُجَاهِدِ الشَّيْطَانَ.
وَالْخَامِسُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الصَّدَقَةِ، وَهُوَ عَاجِزٌ، فَلْيُعَلِّمِ النَّاسَ مَا سَمِعَ مِنَ الْعِلْمِ.
وَالسَّادِسُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الْحَجِّ، وَهُوَ عَاجِزٌ، فَلْيَلْزَمِ الْجُمْعَةَ.
وَالسَّابِعُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الْعَابِدِينَ، فَلْيُصْلِحْ بَيْنَ النَّاسِ، وَلَا يُوقِعْ بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ.
وَالثَّامِنُ: مَنْ أَرَادَ فَضْلَ الْأَبْدَالِ، فَلْيَضَعْ يَدَهُ عَلَى صَدْرِهِ، وَيَرْضَى لِأَخِيهِ مَا يَرْضَى لِنَفْسِهِ. { تنبيه الغافلين } ٥٢١

Diriwayatkan dari sebagian Sahabat r.a bahwasanya beliau Rasulullah bersabda :
"Barangsiapa yang tidak bisa melaksakan 8 hal, maka dia harus melaksakan 8 hal yang lain, agar mendapat keutamaannya ":
Apa sajakah 8 hal tersebut, mari kita simak sampai selesai......
  1. Barangsiapa yang ingin keutamaan shalat malam, sedangkan dia tidur, maka jangan bermaksiat di siang harinya.

    2. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan puasa sunnah, sedangkan dia tidak puasa, maka    jagalah lisannya. Rasulullah SAW bersabda :

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

"Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (H.R. al-Bukhari).

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah disebutkan, "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau lebih baik diam (jika tidak mampu berkata baik)" (HR: al-Bukhari dan Muslim). 

      3. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan ulama, maka perbanyaklah tafakkur. Didalam   hadits dijelaskan tentang Tafakur, Nabi Muhammad bersabda :
تفكر ساعة خير من عبادة ستين سنة

Artinya : "Berpikir satu saat itu lebih baik dari Ibadah enam puluh tahun". Yaitu bertafakur tentang penciptaan Allah, sakaratul maut, adab kubur dan kegoncangan hari kiamat, dan masih banyak lagi contoh untuk kita bertafakur, agar kita lebih taat beribadah kepada Allah.

    4. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan para mujahidin, sedangkan dia diam dirumahnya, maka lawanlah syaithon (memerangi hawa nafsu). Rasulullah SAW bersabda : "Musuhmu yang paling besar adalah nafsumu sendiri yang berada di antara dua lambungmu."

رَجَعْتُمْ مِنَ اْلجِهَادِ اْلأَصْغَرِ إِلَى الجِهَادِ الأَكْبَرِ فَقِيْلَ وَمَا جِهَادُ الأَكْبَر يَا رَسُوْلَ الله؟ فَقَالَ جِهَادُ النَّفْسِ

Kalian telah pulang dari sebuah pertempuran kecil menuju pertempuran besar. Lantas sahabat bertanya, “Apakah pertempuran akbar (yang lebih besar) itu wahai Rasulullah? Rasul menjawab, “jihad (memerangi) hawa nafsu.”

    5. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan sedekah, sedangkan dia tidak mampu, maka sebarkanlah ilmu yang dia ketahui kepada orang-orang. Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda ;

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

Artinya : “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

6. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan haji sedangkan dia tidak mampu, maka perbanyak ibadah pada hari jum'at. sesuai dengan perintah Allah SWT dalam Surat Jumu'ah ayat 9 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

7. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan ahli ibadah, maka berbuat baiklah pada semua manusia, dan jangan menyebar kebencian dan permusuhan kepada mereka. Sesuai dengan ayat al-Qur'an pada surat Al-Hujarat ayat 11 ;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." ( Q.S : Al-Hujarat 11).

8. Barangsiapa yang ingin mendapatkan keutamaan wali abdal, maka letakkanlah tangannya pada dadanya (berlapang dada), dan rela atas saudaranya sebagaimana dia rela atas dirinya."
Nabi saw bersabda,

لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Artinya : "Salah seorang di antara kamu sekalian tidaklah sempurna imannya sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.'' (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga :

Demikian yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa melaksanakan 8 hal keutamaan, jika tidak bisa maka kita punya solusinya dengan 8 hal yang lain yang fahalanya sama dengan 8 hal tersebut. Terimakasih, Wassalam..... (San3kalongbm

    Artikel Terkait

    1 komentar

    1. Siroj
      Lanjutkan, sangat bermanfaat
    1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
    2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
    3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>