Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Kaifiayah Lengkap Shalat Tahajud dan Keutamaannya

Kaifiayah Lengkap Shalat Tahajud dan Keutamaannya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. San3kalong.com-  Shalat sunah sehari semalam sangatllah banyak macam dan jumlahnya. Tinggal kita sebagai seorang Muslim yang memilah dan melaksanakannya. Sedari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari juga sampai sepertiga malam. Shalat Dhuha, Shalat Rowatib, Shalat Tahajud, Shalat Tasbih, Shalat Witir, Shalat Istiharoh dan masih banyak laginshalat-shalat sunah yang lainnya. 

Ilustrasi Shalat tahajud ( shutterstock.com )

Kaifiyah atau Cara sholat tahajud adalah hal yang penting untuk diketahui setiap Muslim. Meski sifatnya sunnah, sholat ini sayang untuk dilewatkan. Sebab, sholat tahajud menyimpan beberapa keutamaan yang mulia.

Dalam sebuah keterangan disebutkan Bahwa Sholat tahajud disebut lebih indah daripada dunia dan isinya. Selain itu, umat Muslim yang melanggengkan sholat ini juga akan dijamin surga dan rizkinya di dunia.

Baca Juga :

Pengertian Sholat Tahajud

Sebelum mengetahui Kaifiyah atau tatacara melaksanakan shalat Tahajud maka baiknya kita mengetahui pengertian dari Sholat Tahajud itu sendiri. Sholat tajahud adalah sholat yang dikerjakan pada waktu malam setelah isya hingga masuk waktu subuh, usai bangun tidur. Sholat satu ini lebih utama jika dikerjakan di waktu sepertiga malam terakhir, yakni pukul 01.00 - masuk waktu subuh.

Adapun waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah sebagai berikut :
  • Sangat Utama: 1/3 malam pertama (Ba'da Isya - pukul 22.00)
  • Lebih Utama: 1/3 malam kedua (pukul 22.00 - 01.00)
  • Paling Utama: 1/3 malam terakhir (pukul 01.00 - Subuh)

Sholat Tahajud atau sholat lail mendapat perhatian khusus dari Rasulullah SAW. Buktinya bisa dilihat dari perintah sholat tahajud yang tercatat di dalam Al-Quran, di mana Allah SWT berfirman :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya : "Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud sebagai sholat tambahan bagimu. Semoga Allah SWT mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (Q.S.: Al-Isra', 79)

Dalam Hadits nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim "Sesungguhnya ada waktu pada malam hari yang tidak seorang pun dari seorang hamba yang berdoa pada saat itu untuk memohon kebaikan kecuali pasti akan Allah kabulkan." (HR Muslim)

Awalnya, tata cara sholat tahajud bersifat wajib. Namun, sholat satu ini akhirnya diubah menjadi sunah. Sholat ini pun hanya diwajibkan untuk Rasulullah SAW saja, bukan pada umatnya. Sebagaimana dikatakan dalam hadis berikut :

"Tiga hal yang bagiku wajib sedangkan bagi umatku adalah sunah yaitu sholat tengah malam (tahajud), witir, dan menggosok gigi (siwak)."

Hadis lain juga sempat membahas sholat tahajud :

"Paling baiknya sholat selain sholat wajib adalah sholat di tengah malam (tahajud)." (H.R. Muslim)

Sholat tahajud juga menjadi momen terbaik untuk bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan atau jalan keluar atas segala kesulitan. Selain itu, sholat ini juga memancarkan kejernihan jiwa serta raga seseorang.

Atas dasar inilah, sholat tahajud dianggap sebagai sholat istimewa bagi umat Muslim. Rasulullah SAW juga senantiasa berpesan kepada kaum Muslimin untuk mengerjakan sholat tahajud.
Rasulullah bersabda :

"Wahai manusia, tebarkanlah perdamaian, berikanlah makanan kepada yang tidak mampu, pereratlah tali persaudaraan, dan sholatlah di malam hari saat orang lain tidur, niscaya kalian masuk surga." (H.R. Hakim, Ibnu Majah, dan Turmudzi)

Hukum Sholat Tahajud

Sholat tahajud hukumnya adalah sunnah muakad atau sunnah yang mendekati wajib. Umat yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala. 

Sementara itu mereka yang meninggalkannya tidak akan berdosa. Namun seperti dikatakan sebelumnya, sholat ini sayang apabila dilewatkan. Jumlah rakaat sholat tahajud antara dua hingga delapan rakaat. Sholat ini sebaiknya dikerjakan sekuat tenaga. Apabila hanya mampu melaksanakan dua rakaat, maka hal itu sudah baik.

Sesuai Hadits Nabi terkait dengan jumlah rakaat shalat Tahajud diriwayatkan oleh Imam bukhori dan Muslim. "Shalat malam itu adalah dua rakaat, dua rakaat. Apabila khawatir akan masuk waktu subuh maka berwitirlah satu rakaat saja." (HR Bukhari dan Muslim)

Yang terpenting dalam tata cara sholat tahajud adalah keberlanjutan pelaksanaan atau istiqomah. 

اَلْإِسْـتِقَـامَةِ خَيْرٌ مِـنْ اَلْفِ كَــرَامَةٍ 
Artinya : " Istiqomah itu lebih bagus daripada seribu karomah " ( Imam Ghazali )

Sebagaimana dikatakan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah : Rasulullah SAW bersabda,

"Jika kalian bangun di malam hari, maka hendaklah memulai sholat dengan dua rakaat." (H.R. Muslim)

Oleh karena itu, umat Muslim yang terjaga di tengah malam sebaiknya segera mengerjakan tata cara sholat tahajud. Sebab pada momen tersebut, ada banyak malaikat turun dan mencatat doa-doa umat Islam, bagi mereka yang memanjatkan doa setelah melaksanakan sholat tahajud.

Baca Juga :

Makna Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki makna tersendiri bagi setiap Muslim, yakni ibadah yang menghubungkan hati manusia dengan Allah SWT. 

Umat Muslim yang mengerjakan tata cara sholat tahajud menjauhkan diri dari kenyamanan dan menghidupkan malam dengan menyendiri, hanya berdua dengan Allah. Karena itulah, Allah SWT menyanjung mereka yang melaksanakan tata cara sholat tahajud melalui firman-Nya. Surah Az Zumar ayat 9 dijelaskan. 

اَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ اٰنَاۤءَ الَّيْلِ سَاجِدًا وَّقَاۤىِٕمًا يَّحْذَرُ الْاٰخِرَةَ وَيَرْجُوْا رَحْمَةَ رَبِّهٖۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ ۗ اِنَّمَا يَتَذَكَّرُ اُولُوا الْاَلْبَابِ

Aretinya : "(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah, 'Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (QS Az-Zumar :9)

Tata Cara Sholat Tahajud 

1. Membaca niat
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla".
Artinya: "Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala".

2. Kemudian mengucapkan takbir (Allahu Akbar) sembari mengangkat kedua tangan sampai daun telinga.
3. Membaca surat Iftitah (sunnah) disusul membaca  Al-Fatihah dan membaca surat pendek Al–Quran yang telah dihafalkan.
4. Rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kembali lalu bangkit dari sujud dan mengulang membaca surat Al- Fatihah beserta surat pendek Al-Quran.
5. Rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, duduk tahiyat akhir dan salam.

Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya: "Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.”

Manfaat Sholat Tahajud

Setiap Muslim yang melaksanakan tata cara sholat tahajud tidak hanya mendapat keuntungan ruhiah. Namun banyak sekali keuntungan dalam hal kesehatan, seperti yang admin uraukan dibawah ini.

1. Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak dapat mengolah informasi lebih efektif dalam keadaan di bawah sadar. Aktivitas otak ketika tidur berdampak positif pada kemampuan manusia dalam membuat keputusan saat terbangun.

Di samping itu, otak juga menghubungkan memori baru dengan memori lama. Apabila seseorang bangun untuk mengerjakan tata cara sholat tahajud, maka efek kerja otak setelah tidur akan terasa. Sehingga otak lebih mudah mengingat sesuatu yang mungkin dilupakan sebelum tidur.

2. Mencegah Stres

Dengan melakukan tata cara sholat tahajud, seseorang dapat memusatkan pikiran, hati, dan aktivitas tubuh pada Allah SWT. Tidak hanya itu, ibadah ini juga dapat menimbulkan efek meditasi yang mampu memberi ketenangan dalam hati dan pikiran. 

Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Soleh dan Hadist Tirmizi:
"Shalat Tahajud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga bisa digunakan sebagai chopping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural."
"Shalat Tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit."
(HR. Tirmizi)

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mereka yang mengerjakan sholat tahajud akan merasakan ketenangan batin. Ketenangan ini memiliki pengaruh positif untuk memulai aktivitas harian. Selain itu, sholat tahajud juga berdampak pada peningkatan daya tahan tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung koroner merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya arteri jantung dan kolesterol. Seseorang yang jarang berolahraga dapat mengalami penyumbatan aliran darah yang bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung. Ketika menjalankan tata cara sholat tahajud, tubuh akan berkeringat. Keluarnya keringat menandakan metabolisme pembakaran kolesterol yang baik untuk tubuh.

5. Terapi Otot dan Tulang

Mengerjakan tata cara sholat tahajud yang benar dapat memberikan berbagai manfaat, salah satunya terapi otot dan tulang. Gerakan dalam sholat, mulai dari berdiri, rukuk, sujud, hingga duduk adalah terapi medis, apabila dilakukan secara thumakninah.

6. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk mencerna makanan. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah delapan jam. Makanan yang dicerna ini disalurkan ke usus halus, kemudian sari-sari makanan diserap di dalam usus halus dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Apabila seseorang makan malam sekitar pukul 19.00 atau 20.00, maka delapan jam setelahnya lambung bekerja mencerna makanan. Sekitar pukul 03.00 atau 04.00, lambung menyelesaikan pekerjaannya dan penyerapan makanan oleh 12 usus jari berlangsung. Jika seseorang melakukan gerakan sholat tahajud ada jam tersebut, maka penyerapan sari-sari makanan akan lebih optimal.

Demikian Kaifiyah Lengkap Shalat Tahajud dan Keutamaannya yang dapat admin bagikan, Semoga kita sebagai seorang Muslim bisa istiqomah untuk melakukan ibadah-ibadah sunah sebagai penutup ibadah fardlu yang penuh kekurangan.

Terimakasih, Tetap kunjungi San3kalong.com yang selalu memberikan informasi Religi dan informasi-informasi penting dan terupdate lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Posting Komentar untuk "Kaifiayah Lengkap Shalat Tahajud dan Keutamaannya"