Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Kisah Ajaib Penjual Roti dan Berkah Istiqomah Membaca Istighfar

Kisah Ajaib Penjual Roti dan Berkah Istiqomah Membaca IstighfarSetiap masa atau setiap waktu juga setiap tempat pasti ada saja orang yang sukses dan diunggulkan dari yang lainnya. Imam Ahmad adalah salah satu Imam yang empat yang pada saat itu sangat dielu-elukan oleh banyak umat. Nama beliau masih saja terkenang dan sangat terkenal sampai saat ini. Ada empat Imam yang sampai saat ini yaitu Imam Ahmad, Imam Syafi'i, Imam Hambali, Imam Hanafi. Hingga sampai saat ini 4 madzhab tersebut ilmunya masih terus digunakannya seluruh dunia. Di Indonesia khususnya dalam hal ibadah banyak menggunakan Imam Syafi'i. 

Ilustrasi Dzikir dan Istighfar Istockpotho
Berdasarkan dari sebuah kisah yang ditulis oleh Imam Jauzi sebuah buku tentang Imam Ahmad dan seorang pedagang roti yang ajaib. Pada waktu usia mendekti senja tanpa ada acara khusus tiba-tiba mempunyai hasrat untuk berkunjung ke suatu negeri Syam.

Tanpa tujuan yang pasti akhirnya Imam Ahmad meninggalkan rumah untuk pergi ke Negeri Syam. Beliau pergi tersebut tanpa didasari dengan alasan atau tujuan yang pasti, mengapa dia kesana, padahal perjalanan menuju negeri Syam sangatlah jauh. 

Saat memasuki waktu sholat Dhuhur Imam Ahmad berhenti untuk menunaikan ibadah sholat di sebuah masjid yang dilewatinya. Di tempat itu tidak ada seorang pun yang mengenali dirinya. Karena saat itu teknologi tidak secanggih seperti saat ini. Setelah selesai sholat dhuhur beliau menunggu di Masjid tersebut sampai waktu isya' tiba sembari membaca Al-Qur'an.

Malam semakin larut Imam Ahmad berniat untuk menginap dan tidur di masjid tersebut. Namun sayangnya penjaga masjid itu tidak mengijinkan beliau untuk tidur bahkan menginap di Masjid. Imam Ahmad menolak sembari berkata " Saya seorang musafir dan membutuhkan istirahat untuk menginap juga."

Suka tidak suka Imam Ahmad akhirnya tidur di pelataran Masjid setelah pintu dikunci. Namun sang penjaga tetap bersikukuh tidak mengijinkan beliau. Bahkan sampai mengusir Imam Ahmad bahkan mendorong beliau hingga sampai di jalanan.

Selang berapa lama datanglah seorang pedagang roti keliling yang memanggil Imam Ahmad dan meminta beliau untuk sekedar menginap di tokonya yang kebetulan tidak jauh dari rumahnya. "Jika  bapak berkenan silahkan istirahat di rumah saya" Kata penjual roti kepada Imam Ahmad.

Ringkas cerita Imam Ahmad pun memasuki toko roti yang kebetulan tidak jauh dari masjid itu dan beristirahat sesuai permintaan penjual roti. 

Selama berada disana Imam Ahmad memperhatikan semua aktivitas penjual roti tersebut. Ada sebuah kejadian yang menarik perhatian Imam Ahmad yakni aksi penjual roti yang tidak henti-hentinya untuk berdzikir dan membaca istighfar. Tanpa putus sejak awal membuat adonan roti hingga selesai.

Dengan rasa penasaran akhirnya Imam Ahmad bertanya kepada penjual roti tersebut. " Hai bapak mengapa anda selalu membaca istighfar tanpa berhenti" Tanya Imam Ahmad dengan penuh rasa ingin tahu.

"Kebiasaan ini ( membaca istighfar saat bekerja) sudah lama saya lakukan dan sudah menjadi rutinitas harian saya" Jawab penjual roti tersebut. "Semua permintaan saya dikabulkan Allah berkat apa yang saya lakukan" Tambah Penjual roti.

Namun ada satu permintaan saya yang belum dikabulkan. " Saya sangat ingin bertemu dengan Ulama besar yakni Imam Ahmad bin Hambal" katanya lagi kepada Imam Ahmad.

Mendengar cerita penjual roti tersebut Imam Ahmad berteriak " Allahu Akbar !! ". Baru menyadari apa tujuan kepergiannya yang jauh dari tempat tinggal beliau menuju negeri Syam. 

Ternyata berkah dari bacaan istighfar seorang penjual roti tersebut Allah telah menggerakkan hati Imam Ahmad untuk bertemu kekasih Allah yang dikabulkannya permintaannya.

Hingga akhirnya Imam Ahmad beristirahat di rumah penjual roti setelah diusir oleh penjaga masjid dan bertemu dengan penjual roti yang secara istiqomah membaca istighfar.


Baca Juga : 
Demikian Kisah Ajaib Penjual Roti dan Berkah Istiqomah Membaca Istighfar, semoga kisah ini bisa menginspirasi kita untuk senantiasa berdzikir dan membaca istighfar secara istiqomah. Segala sesuatu tidak ada yang tidak mungkin bila Allah menghendaki. Wallohu A'lam ....

Terimakasih..... Wassalam....... (San3kalongbm)
Kisah dikutip dari : iPurnas online

2 komentar untuk "Kisah Ajaib Penjual Roti dan Berkah Istiqomah Membaca Istighfar"