Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Pengertian Fa'il dan Penjelasannya

Pengertian Fa'il dan Penjelasannya 

San3kalongbmPengertian Fa'il dan PenjelasannyaFa'il pengertiannya adalah setiap isim yang di baca rofa' yang adanya atau yang jatuh setelah fi'il ( Kata Kerja ). Seperti contoh يَضْرِبُ زَيْدٌ عَمْرًا , Lafad  يَضْرِبُ adalah fi'il Mudhore', Lafad زَيْدٌ  sebagai fi'il  yang dibaca rofa' dengan tanda dhomah, lafad عَمْرًا  maf'ul bih ( obyek dari pekerjaan).

Bab Fail
Seperti pada pembahasan yang sudah ada yang admin bagikan yang telah lewat yaitu pada bab Pembagian Tanda-tanda I'rob bahwa fa'il itu selamanya di baca rofa' dengan tanda Dhomah, wawu, alif dan tetapnya nun. 

Pada contoh  يَضْرِبُ زَيْدٌ عَمْرًا (Zaid sedang/akan memukul Amr) Fa'il dibaca Dhomah karena berupa Isim Mufrad. Tetapi jika di jadikan Isim Tasniyyah, maka alamatnya bukan lagi Dhomah, melainkan Alif. Contoh : يَضْرِبُ الزَّيْدَانِ عَمْرًا (Zaid dua sedang/akan memukul Amr). Dan ini juga berlaku untuk Jama' Mudzakar salim يَضْرِبُ الزَّيْدُوْنَ عَمْرًا (Zaid banyak sedang/akan memukul Amr) Dibaca rofa' dengan tanda wawu.

Baca Juga : 

Pembagian Fa'il

Fa'il terbagi menjadi dua bagian, yaitu Fa'il isim Dhohir dan fa'il isim dhomir. Fa'il isim dhohir maksudnya jelas nama orang seperti Zaid, Umar, Muhammad dan yang lain. Sedangkan untuk Fa'il isim dhomir hanyalah kata ganti, dia, kamu mereka dan lain-lain.

Pengertian Fa'il Isim Dhohir

Fa'il isim dhohir seperti yang sudah admin sampikan diatas yaitu jelas-jelas nama orang Zaid, Muhammad, atau nama hewan Sapi, kerbau, atau nama-nama yang lain jelasnya bukan kata ganti.

Contoh Fa'il Isim Dhohir

1.  جَاءَ زَِيْدٌ (Zaid telah datang ). Lafadz جاء kedudukannya adalah sebagai Fi'il Madhi (Pekerjaan yang sudah lampau). Sedangkan lafadz زيد Kedudukannya adalah sebagai Fa'il Isim Dzohir (Pelaku pekerjaan) yang dibaca Rafa', dan dibaca Dhomah sebab Lafadz tersebut Berupa Isim Mufrad (Isim yang menunjukkan arti tunggal).
2. جاءَ الزَّيْدَانِ (Dua Zaid telah datang) Lafadz الزَّيْدَانِ kedudukannya adalah Fa'il Isim Dzohir , dan alamatnya adalah Alif karena berbentuk isim Tasniyyah (Isim yang menunjukkan arti dua).
3. جاءَ الزَّيْدُوْنَ (Zaid banyak telah datang) Lafadz الزَّيْدُوْنَ  kedudukannya adalah sebagai Fa'il Isim Dzohir, dan alamatnya adalah Wawu karena berbentuk Jamak Mudzakkar Salim (Menunjukkan arti laki-laki banyak).

Pengertian Fa'il Isim Dhomir

Fa'il isim dhomir adalah fa'il yang menyimpan makna kata ganti seseorang, seperti saya, kamu, dia dan sebagainya. Fa'il isim dhomir semuanya ada 12. Fa'il isim dhomir ini terbagi menjadi tiga bagian, Mutakalim ( Yang berbicara ) Mukhotob ( lawan bicara ) ghoib ( orangnya tidak ada)

  1. Mutakalim terbagi lagi menjadi dua yaitu mukalim wahdah ( saya : اَنَا ) dan mutakalim ma'al ghoir ( kita atau kami : نَحْنُ )
  2. Mukhotob adalah lawan bicara atau orang yang kita ajak bicara, yang termasuk dalam mukhotob ini ada :
  • أَنْتَ (Kamu laki-laki)
  • أَنْتِ (Kamu Perempuan)
  • أَنْتُمَا (Kami berdua laki-laki/perempuan)
  • أَنْتُمْ  (Kalian laki-laki)
  • أَنْتُنَّ (Kalian Perempuan)
     3. Goib adalah orang yang kita bicarakan tidak ada ditempat, ghoib ada dua untuk laki-laki dan  untuk perempuan. Yang termasuk dalam fa'il isim dhomir ghoib dan ghoibah ada 5 yaitu :  

  • هُوَ (Dia laki-laki)
  • هِيَ (Dia perempuan)
  • هُمَا (Mereka berdua laki-laki/perempuan)
  • هُمْ (Mereka banyak untuk laki-laki)
  • هُنَّ (Mereka banyak untuk Perempuan)
Baca Juga :
Demikian tentang Pengertian Fa'il dan Penjelasannya, Untuk bab kelanjutannya bisa ikuti terus bolg san3kalongbm yang selalu update tentang ilmu tata bahasa Arab atau ilmu Nahwu atau ilmu-ilmu yang lainnya. Terimakasih..... Wassalam .... ( San3kalong )

Posting Komentar untuk "Pengertian Fa'il dan Penjelasannya "