Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Pengertian I'rob Ala San3Kalong

Pengertian I'rob Ala San3Kalong

 Assalamual'alaikumWr. Wb. San3kalong.com- Dalam mempelajari Bahasa Arab itu memang termasuk kategori yang sulit di banding bahasa Inggris, menurut penulis sich.... Kenapa demikian karena kalau dalam bahasa Inggris itu hanya ada dua kata kerja reguler dan irreguler sebagai kata kerja yang digunakan seperti contoh eat - ate - eaten = Makan, sedangkan dalam bahasa Arab kata dasar makan أَكَلَ bisa berubah bentuk dalam berbagai macam bisa 20 kata bahkan lebih. Itulah mungkin yang menjadi momok atau hal yang menakutkan bagi Santri saat terdengar pelajaran Nahwu.

I'rob Versi Jurumiyah

Nah, itulah susahnya mempelajari bahasa Arab. Namun di dalam Pesantren tetap dipelajari, bahkan bisa dikatakan wajib. Dalam Pesantren biasa dikenal dengan Ilmu Nahwu. Kali ini admin akan berbagi melanjutkan artikel yang telah terbit yaitu Pengertian Kalam Dalam Kitab Jurumiyah. Dalam kitab tersebut membahas tentang kosa kata bahasa Arab untuk  pemula. Sedangkan untuk tingkat yang lebih atas biasanya digunakan kitab Alfiah Ibnu Malik, Ibnu 'Aqil dan lain sebagainya. Sesuai urutan dalam kitab Jurumiyah maka admin akan membahas pada bab kedua yaitu Bab I'rob. 

Pengertian I'rob Ala San3Kalong

Pengertian I'rob

I'rob adalah Berubahnya suatu akhir kalimat karena perbedaan 'Amil yang masuk. Baik itu 'amil lafdhi 'amil yang berupa lafad atau 'amil ma'nawi 'amil yang berupa ma'ananya saja.. Kata زيد ketika masih berdiri sendiri itu masih bebas, bisa berharokat fatkhah, Dhomah ataupun kasroh زَيْدً, زَيْدٌ ,زَيْدٍ  boleh dibaca dan, dun, din pada huruf akhirnya, karena belum adanya 'amil yang masuk atau 'amil yang merubah kedudukan dari lafad tersebut.

Perubahan tersebut baik dalam lafadnya atau taqdiron saja. Maksud dari secara lafad yaitu perubahan yang jelas-jelas terlihat perubahannya. Contohnya  جَاءَ زَيْدٌ , رَيْتُ زَيْدً , مَرَرْتُ بِزَيْدٍ   

Harokat/syakal pada huruf د  dalam tiga bentuk berubah dengan tanda yang jelas dhomah, fatkah, dan kasroh.

Sedangkan yang disebut dengan taqdiron dia tetap sama bentuknya walaupun dalam keadaan rofa', nasob ataupun jer, Contohnya جَاءَ اَلْفَتَى, رَيْتُ اَلْفَتَى , مَرَرْتُ بِالْفَتَى  lafad  اَلْفَتَى dalam keadaan apapun bentuknya tetap. 

Dari kedua contoh diatas dapat kita lihat bahwa dalam keadaan yang sama menjadi fa'il, maf'ul, dan isim majrur ada yang tampak nyata berubah harokatnya ( Lafdhon ) ada yang tidak berubah harokatnya ( Taqdiron )

Baca Juga : 

Pembagian I'rob

I'rob dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu : 
  1. Rofa'
  2. Nasob
  3. Khofad
  4. Jazm

I'rob-i'rob yang dapat masuk pada kalimat isim ada tiga Rofa', Nasob dan Khofad sedangkan Jazm tidak dapat masuk pada kalimat fi'il.

I'rob-i'rob yang dapat masuk pada kalimat fi'il ada tiga Rofa', Nasob dan Jazm sedangkan Khofad tidak dapat masuk pada kalimat Isim.

Yang dimaksud dengan Masuk pada kalimat isim/fi'il pada kalimat diatas adalah kalimat isim itu bisa dibaca rofa', nasob tidak dapat dibaca jazm. Begitu pula sebaliknya untuk kalimat fi'il bisa dibaca rofa', nasob, khofad dan tidak bisa dibaca jazm.

Demikian penjelasan admin tentang Pengertian I'rob Ala San3kalong sebagai bab kedua dari kitab Jurumiyah setelah artikel yang admin posting kemarin. Semoga bermanfaat tetap kunjungi Blog san3kalong.com yang selalu update tentang ilmu-ilmu agama dan informasi-informasi lainnya. 

Terimakasih , Wassalamu'alaikum Wr. Wb

6 komentar untuk "Pengertian I'rob Ala San3Kalong"

  1. Mantab sangat bermanfaat...
    Riques dong...
    Kalau bisa buatkan pembelajaran di chanel YouTube, biar lebih mudah dipahami

    Trimakasih
    Semangat dan terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, y memang blm pernah mencoba bermain youtube

      Hapus
  2. Admin mohon untuk menambahkan soal latihan biar saya cepet bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap , semoga ada soal2 latihan biar mudah tuk pelajari

      Hapus
  3. https://kata-h.blogspot.com/2020/11/terjemah-kitab-imrithi.html?m=1

    Mugi manfaat.

    BalasHapus