Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Bab Na'at dan Man,ut atau Tawabi'

Bab Na'at dan Man,ut atau Tawabi' - Na'at secara garis besarnya adalah kata sifat, yang mensifati kalimat isim sebelumnya. Kalimat isim sebelumnya disebut dengan Man'ut. Na'at mengikuti man'ut (yang disifati) dalam tingkah rofa', nasob, khofad, ma'rifat dan nakirohnya. 
Bab Na'at
Contoh na'at :

                                                                                                      قَامَ زَيْدٌ اَلْعَاقِلُ , رَأَيْتُ زَيْدً اَلْعَاقِلَ , مَرَرْتُ زَيْدٌ اَلْعَاقِلِ

Na'at mengikuti man'utnya dalam keadaan rofa', nasob, khofad, nakiroh dan ma'rifatnya man'ut. Lafad yang berwarna merah  اَلْعَاقِلِ , اَلْعَاقِلُ , اَلْعَاقِلَ berkedudukan sebagai na'at (kata sifat) yang mensifati man'ut pada kata زَيْدٌ .

Isim Ma'rifat

Isim ma'rifat adalah isim yang sudah berarti khusus, yang termasuk isim ma'rifat itu sendiri ada lima bagian antara lain yaitu :

a. Isim Dhomir

Isim dhomir adalah setiap kata ganti, baik untuk orang pertama, orang kedua atau jamak, juga mudzakar (laki-laki) atau muanats (perempuan). Isim dhomir pada keseluruhan jumlahnya ada 14 yaitu

هُوَ, هُمَا,هُمْ              : Kata ganti kesatu, kedua dan ketiga untuk mudzakar ghoib (laki-laki 1,2,dan 3)
هِيَ , هُمَا , هُنَّ          : Kata ganti untuk muanats ghoibah (perempuan ghoibah)
أَنْتَ , أَنْتُمَا ,أَنْتُمْ         : Kata ganti untuk mudzakar mukhotob (laki-laki yang hadir)
أَنْتِ , أَنْتُمَا , أَنْتُنَّ       : Kata ganti untuk muanats mukhotobah (perempuan yang hadir)
أَنَا                         : Kata ganti untuk mutakalim wahdah (1 yang berbicara)
نَحْنُ                       : Kata ganti untuk mutakalim ma'al hgoir ( 

b. Isim Alam

Isim Alam adalah isim yang menunjukkan nama seseorang atau sesuatu yang sudah khusus atau jelas. Seluruh nama yang ada tergolong ke dalam ma’rifat karena telah menunjukkan pada suatu hal yang khusus. Nama yang dimaksud adalah nama orang, nama tumbuhan, nama hewan, dan nama benda lainnya.

Contohnya : زَيْدٌ , مَكَةَ 

c. Isim Mubham

Isim Mubham terbagi menjadi dua macam yaitu : 

1. Isim Isyarah merupakan salah satu isim ma’rifat yang berfungsi untuk menunjukkan suatu benda, baik benda hidup maupun mati. Adapun pembagian isim isyarah, yakni:

Isim yang digunakan untuk menunjukkan jarak dekat.
هذا / هذه / هذان / هتان /هؤلاء / هنا

Isim yang digunakan untuk menunjukkan jarak jauh.
ذَلِكَ / تِلْكَ / أُوْلَئِك / هُنَاكَ  / ذَانِكَ / تَانِكَ

2. Isim Maushul atau biasa juga disebut dengan isim mubham memiliki arti “samar”. Agar maknanya dapat diartikan, isim ini membutuhkan sebuah kalimat penjelas bernama shilah maushul. Perhatikan contoh kalimat berikut :

…..رَأيْتُ الَّذِي

d. Isim yang Menuggunakan Alif dan Lam (ال)

Seluruh kalimat isim nakiroh yang ditambah dengan alif lam, maka kalimat tersebut akan berubah menjadi ma’rifat. Oleh karena itu, makna yang ada pada kata isim nakiroh juga akan berubah. Misalnya kata laki-laki dalam bahasa Arab ditambah dengan alif lam, maka artinya akan berubah menjadi laki-laki itu.

Contoh : 
رَجُلٌ    ⇒       اَلرَّجُلُ
كِتَابٌ          اَلْكِتَابُ

 e. Isim Mudhof

Isim mudhaf adalah penggabungan lebih dari satu isim agar mendapatkan makna yang sempurna. Dari dua isim ma'rifat yang telah disebutkan diatas digabungkan menjadi satu. Isim alam dengan isim mubham, isim alam dengan isim dhomir atau yang lainnya.
Contohnya adalah :  

غُلاَمُ زَيْدٍ, غُلاَمُ هَذَا , كِتَابُ زَيْذٍ

Isim Nakiroh

Isim Nakiroh adalah setiap isim yang masih berarti umum yang masih tersebar dan beraneka ragam pada jenisnya, tidak tertentu pada sesuatupun. Untuk memudahkan dalam menemukan isim nakiroh yaitu yang dapat kemasukan huruf alif dan lam (ال). 

Contohnya :
رَجُلٌ    ⇒       اَلرَّجُلُ
كِتَابٌ          اَلْكِتَابُ

Demikian pengertian Na'at dan Man'ut atau Tawabi' sesuai dalam kita Jurumiyah. Untuk selanjutnya Bab 'Athof (kata sambung) yang bisa kita ikuti pada Link Berikut.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bertambahnya ilmu kita dalam bidang ilmu nahwu atau ilmu alat, yang bisa memudahkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Wassalam .... San3kalongbm

Posting Komentar untuk "Bab Na'at dan Man,ut atau Tawabi'"