Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Tatacara Sholat Istiharoh Lengkap Dengan Bacaan Do'anya

Tatacara Sholat Istiharoh Lengkap Dengan Bacaan Do'anya

Tatacara Sholat Istiharoh Lengkap Dengan Bacaan Do'anya - Didalam kehidupan dunia kita sudah terbiasa dihadapakan dengan dua persoalan berat yang harus dipilih. Mana yang akan dijadikan pilihan utamanya. Seperti contoh yang sering terjadi didalam pernikahan. Saat kita akan menikah sering terjadi kebimbangan dalam menentukan pilihan yang baiknya karena pernikahan akan dilakukan seumur hidup sekali, atau didalam pekerjaan ada dua tawaran yang menggiurkan sepintas lalu terlihat bagus prospeknya diantara keduanya. Maka timbullah keraguan atau biasa kita sebut kebimbangan. 
Sumber : Istockpotho.com
Namun di dalam ajaran Islam sudah ada jalan solusinya, tidak perlu cuthat sana-sini, tidak perlu tanya sana-sini. Karena sudah jelas ada tuntunan ibadah dalam menacari jalan keluarnya. Apakah itu..... Sholat Istiharoh.... Sholat Istiharoh adalah sholat yang disunahkan oleh Rosullulloh dan memang dianjurkan. 

Sholat Istiharoh dalam pelaksanaannya tidak jauh beda dengan sholat-sholat sunah yang lainnya hanya saja dalam sholat Istiharoh ini ada surat-surat pendek yang diutamakan. Saat melakukan sholat diharuskan berserah diri kepada Alloh SWT dengan sepenuh hati tanpa ada kearguan lagi berkeyakinan bahwa hanya Allah  yang memberi petunjuk.

Niat Sholat Istiharoh

Didalam melaksanakan sholat Istiharoh masih sama dengan sholat-sholat sunah yang lainnya yaitu tentunya diawali dengan bacaan niat. sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Artinya : “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun niat Sholat Istiharoh yaitu : 
أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Artinya : " Saya berniat melakukan sholat sunah Istiharoh dua rekaat karena Allah SWT"

Tata Cara Sholat Istiharoh
Untuk pelaksanaan Sholat Istiharoh ini diutamakan membaca surat Al-Kafirun pada rekaat pertama dan membaca surat Al-Ikhlas pada rekaat kedua. Adapaun urutan pelaksanaan Sholat Istiharoh sebagai berikut :
  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Kafirun
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan Surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
  19. Salam
  20. Tertib

Do'a Setelah Sholat Istiharoh

Untuk bacaan do'a setelah Sholat Istiharoh yang disunahkan seperti di bawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ  ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ  خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ  قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى  فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى  أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

Waktu Pelaksanaan Sholat Istiharoh

Sebelum melakukan Sholat Istiharoh harusnya mengenali waktu-waktu yang dianjurkan. Sebenarnya, Sholat Istiharoh dapat dilakukan kapan saja, siang atau malam. Tidak ada batasan tertentu dalam waktu pelaksanaannya.

Namun, tidak diperbolehkan melakukannya setelah salat subuh sampai matahari meninggi dan sesudah salat asar sampai matahari tenggelam. Meski dapat dilakukan siang atau malam, Sholat Istiharoh sangat dianjurkan dilakukan pada waktu sepertiga malam seperti Sholat Tahajud.

Ada tiga waktu yang disunahkan dalam melakukan Sholat Istiharoh di antaranya adalah :
  • Sepertiga malam pertama, dimulai setelah salat isya sampai pukul 10.30.
  • Sepertiga malam kedua, dimulai pukul 10.30 hingga 01.30.
  • Sepertiga malam terakhir, dimulai pukul 01.30 hingga sebelum memasuki subuh.
Baca Juga : 
Demikian Tatacara Sholat Istiharoh Lengkap Dengan Bacaan Do'anya semoga kita bisa mendapatkan kemantapan dan petunjuk dari Allah setelah melaksanakan Sholat Istiharoh. Terimakasih, Wassalam ..... ( San3kalongbm )

Posting Komentar untuk "Tatacara Sholat Istiharoh Lengkap Dengan Bacaan Do'anya"