Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

San3kalongbm.com Blog Religi, Kitab Pesantren, Kisah dan Tokoh Islam dan Info Update Lainnya

Sejarah Sholawat Nariyah dan Beberapa Keistimewaannya

Sejarah Sholawat Nariyah dan Beberapa KeistimewaannyaBicara tentang cinta tentu tidak akan habisnya, selama masih hidup didalam dunia kita harus memliki rasa cinta. Baik cinta kepada keluarga ataupun kepada tetangga dan para semua orang yang ada di sekeliling kita. Kalau bang Haji Rhoma Irama cinta perlu pengorbanan, ada yang bilang cinta perlu  pembuktian. Banyak cara untuk mengungkapkan kecintaan kita kepada keluarga, tetangga ataupun sahabat kita. Nah sekarang kalau kita sebagai seorang muslim tentunya harus ada bukti untuk mengungkapkan cinta terhadap Rasulnya. Sebab tanpa beliau sang Rasul tentunya kita manusia saat ini tidak akan merasakan indahnya beragama Islam.
Yang paling mudah dan simple namun sangat besar fahalanya sebagai bukti ungkapan cinta kepada Rasululloh SAW Salah satunya dengan membaca Sholawat. Sholawat merupakan salah satu bentuk doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Disebutkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW akan memberikan syafaat paling banyak kepada orang yang bersholawat padanya.


أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

Artinya : "Orang yang paling berhak mendapatkan syafa'atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

Allah SWT juga telah memerintahkan hamba-Nya untuk bersholawat kepada Nabi SAW. Sebagaimana firman-Nya dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 56 :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya : "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." ( Al-Ahzab. 56 )

Baca juga :


Salah satu sholawat yang sudah menjadi amalan khas bagi warga Nahdliyin adalah Sholawat Nariyah. Sholawat Nariyah sangat besar faedah dan fadhilahnya. Sebelum mengetahui tentang fadhilah atau keutamaan Sholawat Nariyah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah Sholawat Nariyah tersebut.

Sejarah Singkat Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah diciptakan oleh seorang Syekh Nariyah. Dia hidup pada zaman nabi Muhammad SAW dan termasuk salah satu sahabatnya. Syekh Nariyah banyak menekuni bidang ketauhidan. Dia melihat kerja keras Nabi SAW dalam menyampaikan wahyu Allah SWT, mengajarkan tentang Islam, amal shaleh dan akhlakul karimah, baik akhlaq terhadap sesama seumuran ataupun aklhaq terhadap anak-anak.

Pada suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawatnya untuk Nabi SAW sebanyak 4.444 kali. Beliau mendo'akan keselamatan dan kesejahteraan untuk Rasulullah SAW. Setelah membaca, Allah SWT memberikan karomah padanya.

Dalam suatu majelis, Syekh Nariyah diceritakan meminta kepada Rasulullah SAW untuk dimasukkan syurga paling awal bersama Nabi SAW. Permintaan Syekh tersebut memperoleh respon positif Rasul SAW. Nabi Muhammad SAW berperan sebagai wasilah untuk melancarkan do'a umatnya yang bersholawat kepadanya. Hingga sampai saat ini, banyak yang mngamalkan Sholawat Nariyah sebagaimana dilakukan Syekh Nariyah.

Sholawat Nariyah

Untuk lafadz bacaan Sholawat Nariyah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ
وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Artinya : "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan ( Keruwetan) dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Membaca Sholawat Nariyah

Dijelaskan dalam kitab Khozinatul Asror, salah satu sholawat yang mustajab adalah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah. Orang Maroko menyebutknya sebagai Sholawat Nariyah yang dibaca jika ada hal yang diinginkan. Umat muslim dikatakan berkumpul dalam satu majelis, lalu membaca Sholawat Nariyah 4.444 kali. Atas ridho Allah SWT maka hajat dan keinginan dapat tercapai.

Berikut akan admin bagikan beberapa keutamaan membaca Sholawat Nariyah.

1. Penghilang Rasa Sedih dan Meringankan Masalah  

Sholawat Nariyah memang menjadi salah satu bacaan yang bisa kita baca setiap harinya. Terutama saat mempunyai masalah yang teralalu rumit. Bahwa sholawat Nariyah bermanfaat untuk meringankan dan memudahkan dalam mencari solusi dari suatu masalah. Sholawat Nariyah menjadi bentuk tawassul untuk meminta kepada Allah melalui Nabi sebagai perantaranya. 

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda. Artinya : “Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."

2. Pembuka Pintu Rizki

Bahwa Sholawat Nariyah adalah salah satu sholawat yang keistimewaanya sebagai pembuka pintu rezeki. Dengan istiqomah mengamalkan Sholawat Nariyah sebanyak 90 kali setiap harinya, maka Allah mengangkat derajatnay dan dimudahkan seluruh pintu rezeki baginya.

3. Diberikan Kemudahan Segala Urusannya

Salah satu bentuk interaksi antara makhluk dan sang Kholiq adalah melalui dzikir, doa dan membaca Sholawat. Ketikakita dilanda kebingungan dan kesulitan, membaca Sholawat Nariyah menjadi cara untuk meminta kemudahan dalam segala urusan. Membaca Sholawat Nariyah merupakan salah satu hal yang dianjurkan bagi setiap muslim sebagai pujian kepada Rasulullah SAW. الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ 

Pada hakikatnya, keutamaan dan keistimewaan membacakan Sholawat Nariyah yakni Allah akan memudahkan segala urusan dan menolong hamba-Nya. 

4. Menjadi doa dikabulkan hajatnya

Sholawat Nariyah bukan hanya pujian dan sanjungan kepada Rasulullah Muhammad SAW. Sholawat Nariyah juga menjadi doa untuk menunaikan hajat. Pada saat keadaan tertentu, setiap manusia tentu mempunyai hajat yang ingin dicapainya. Dengan Istiqomah membaca Sholawat Nariyah, mala hajatnya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Syekh Al-Qurthuby berkata :

“Bila dibaca 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk), maka akan ditunaikan hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan. Demikian pula hitungan yang sama disebutkan Syekh Ibnu Hajar al-Asqalany."

5. Terlindungi dari Segala Jenis Penyakit

Sholawat Nariyah dapat dibaca untuk meminta perlindungan dan terhindari dari wabah penyakit. Seperti pada saat ini, wabah yang melanda dunia juga Indonesia, Pandemi Covid-19. Maka banyak para Alim Ulama' akhir-akhir ini mengajak dan menganjurkan untuk bersama-sama berdo'a kepada Allah dengan wasilah Sholawat Nariyah, dengan harapan berkah dan memohon kepada Allah agar mendapatkan keselamatan dan tetap diberikan kesehatan dari Virus Covid-19. bahkan berharap lebih supaya kita semuanya terbebas dari Virus yang mematikan tersebut.

Baca Juga : 

Demikian Sejarah Sholawat Nariyah dan Beberapa Keistimewaannya, Semoga bermanfaat, dan tentunya semoga kita bisa istiqomah untuk tetap mengamalkan Sholawat Nariyah ini sebagai bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW dengan harapan akhir supaya syafa'at beliau tercurahkan kepada kita di yaumil akhir, AAmiin......Terimakasih.... Wassalam...... ( San3kalongbm )

Posting Komentar untuk "Sejarah Sholawat Nariyah dan Beberapa Keistimewaannya"